Analisa Jurnal "Penggunaan Teknologi Komunikasi Data Berbasis VPN-IP MPLS untuk Pemilihan Umum"

ANALISA JURNAL

1.     Judul Jurnal
Penggunaan Teknologi Komunikasi Data Berbasis VPN-IP MPLS Untuk Pemilihan Umum

2.     Kata Kunci
VPN IP-MPLS, Private Network, Pemilihan Umum

3.     Penulis Jurnal
Rijal Fadilah dan Djumhadi

4.     Latar Belakang Masalah
Dalam setiap tahapan pemilihan umum baik untuk pemilihan anggota legislatif hingga pemilihan presiden berbagai proses harus ditempuh. Dimulai dari pendaftaran pemilik, pencalonan partai politik, pencalonan anggota DPR/DPRD, pencalonan DPD, kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara hingga penetapan hasil pemilu. Tentu saja yang sangat dinantikan adalah proses perhitungan suara. Tahapan ini menjadi tahapan yang menegangkan bagi setiap kontestan yang ikut berlaga di pemilihan umum. Sebagai suatu proses yang menegangkan dan dinantikan banyak pihak diperlukan keakuratan dan kecepatan dalam proses penghitungan tersebut dan tidak kalah pentingnya adalah hasil penghitungan suara dapat disampaikan ataupun dikirimkan dari masing-masing daerah ke pusat dengan aman, fleksibel dan mudah dipantau dari segi  komunikasi  datanya.

5.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak masalah yang terjadi sebelum dan sesudah pelaksanaan PEMILU.

6.     Metodologi Penelitian
Untuk membahas topic tentang komunikasi data dengan VPN IP MPLS dilakukan dengan cara:
a.      Studi literature
              
Tujuan utama dalam melakukan studi literatur dalam penelitian ini adalah :

1.      Menemukan variabel-variabel yang akan diteliti.
2.      Membedakan hal-hal yang sudah dilakukan dan menentukan hal-hal yang perlu dilakukan
3.      Melakukan sintesa dan memperoleh perspektif baru
4.      Menentukan makna dan hubungan antar variable


Beberapa sumber yang digunakan oleh peneliti di antaranya:

1.      Abstrak hasil penelitian
2.      Indeks
3.      Review
4.      Jurnal
5.      Buku referensi

b.     Studi lapangan
Merupakan desain penelitian yang mengkombinasikan antara studi literatur, survei berdasarkan pengalaman dan atau studi kasus dimana peneliti berusaha mengidentifikasi variabel-variabel pentingdan hubungan antar variabel tersebut dalam suatu situasi permasalahan tertentu. Studi lapangan inidigunakan sebagai sarana penelitian lebih lanjut dan mendalam.Dalam penelitian ini studi lapangan yang dilakukan adalah memantau dan mengamati penggunaanlayanan VPN IP yang digunakan untuk komunikasi data Pemilu 2009 dari segi konfigurasi fisik danlogik layanan, khususnya di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Keterbatasan initerkait dengan wilayah domisili peneliti.

c.      Wawancara
Wawancara merupakan tanya jawab langsung antara peneliti dengan narasumber sebagai responden,khususnya mengenai masalah yang diajukan secara khusus oleh peneliti. Studi ini dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk menemukan kasus-kasus khusus yang perlu diketahui.Dalam penelitian ini wawancara dilakukan kepada salah satu personal yang terlibat langsung dalam penyedia layanan VPN IP untuk Pemilu 2009 baik dari sisi provider maupun personil petugas dilapangan yang menggunakan layanan ini.

7.      Hasil Penelitian
Untuk implementasi sistem teknologi informasi PEMILU 2009 ini, PT. Telkom Indonesia kembali menjadi penyedia fasilitas telekomunikasi (Fastel) untuk Pemilu 2009 setelah melalui tender terbuka yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum. Sebagai pemenang tender, Telkom harus menyediakan bandwidth,instalasi, integrasi, fasilitas
 Disaster Recovery Center (DRC),Layanan Call Center serta layanan Pemeliharaan Jaringan.
Menurut Pontjo W. Nugroho, Kepala Proyek Fastel Pemilu 2009, ada beberapa alokasi pekerjaan terkait tender ini. Alokasi tersebut termasuk di Kantor KPU Pusat di Jakarta, 504 Kantor KPU Kota/Kabupaten serta dilokasi DRC di Serpong. Secara ringkas detail layanan yang disediakan Telkom adalah sebagai berikut:
1.      Di Kantor KPU Pusat, Telkom menyediakan back haul Data Center VPN-IP kapasitas 30 Mbps yang melalui link Fibre Optic (FO)
2.      Link Data Center dan fasilitas Disaster Recovery Center (DRC), Metro Ethernet kapasitas 10 Mbps melalui link Fibre Optic (FO)
3.      Layanan Call Center khusus Pemilu 0800-1-PEMILU, penyediaan infrastruktur dan akses Call Center hingga Aplikasi Network Monitoring.
4.      Kantor KPU Kota/Kabupaten, Telkom menghadirkan Connectivity End Point VPN-IP Nirkabel (DSLAM & TDM) atau berbasis VSAT. Menempatkan seorang teknisi di setiap lokasi kantor KPUyang bertugas menangani masalah konektivitas yang mungkin terjadi.
5.      Untuk Disaster Recovery Centre yang berada di German Center, Bumi Serpong Damai, Serpong,layanan Telkom mencakup VPN-IP 30 Mbps melalui link Fibre Optic (FO), Collocation Server, Penyediaan unit server, router, firewall dan mirroring application, setup connectivity Antara Disaster Recovery Centre Dengan back haul dan dengan end point  504 lokasi KPU Kota/Kabupaten.


8.      Kelemahan penelitian yang didapat pada jurnal ini, yaitu :
1)      Penelitian ini tidak menjelaskan secara mendetail data teknis VPN IP untuk KPU di seluruh Provinsi di Indonesia.
2)      Desain Penelitian hanya menggunakan cross sectional yaitu data hanya diambil pada satu satu waktu.
3)      Sample penelitian hanya focus pada dua provinsi sehingga kemungkinan bisa masih besar.

9.      Kelebihan penelitian yang didapat pada jurnal ini, yaitu:
1)      Dapat menggambarkan secara jelas masalah-masalah yang dihadapi oleh beberapa KPU yang menjadi sampelnya.
2)      Menggunakan teknik proposif sampling yaitu sample yang diambil berdasarkan ketentuan peneliti sehingga dapat menghemat biaya penelitian.

1     Manfaat Penelitian yang didapat pada jurnal ini, yaitu:
1)      Dapat menjadi sumber rujukan sebagai upaya promotif dan preventif bagi KPU di Seluruh Indonesia.
2)      Dapat meningkatkan kinerja dan keamanan system perhitungan Suara KPU di Indonesia.
3)      Mendorong Mahasiswa/Ahli IT pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk berperan aktif mengawal dan menjaga jalannya perhitungan suara dari Hacker/pengganggu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perusahaan Bisnis Informatika Terbesar di Dunia

STRATEGIC MANAGEMENT (Wheelen and Hunger)

Daftar Raja Muna