Analisa Game Dalam Strawberry Matches
Permainan Manen Apel ini merupakan sebuah permainan yang
menggunakan bahasa pemrograman prolog. Kemudian perangkat lunak yang digunakan
sebagai program editornya adalah Strawberry Prolog. Permainan Manen Apel ini
merupakan suatu permainan yang diadaptasi dari permainan matches yang terdapat
dalam Strawberry Matches.
INITIAL STATE
Permainan Manen Apel ini merupakan suatu permainan logika
dimana user (pemain) melawan komputer untuk memenangkan permainan ini. Game ini
melatih dan mengasah otak user untuk berpikir mengenai strategi yang digunakan
agar dapat mengalahkan komputer. Pemain harus dapat menerapkan strategi yang
tepat untuk memenangkan permainan ini.
Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat
aplikasi Manen Apel adalah background yang digunakan sebagai papan permainannya
dengan ukuran dimensi 770x525. Objek yang digunakan sebagai shape yaitu sebuah
gambar apel berukuran dimensi 50x28 berjumlah 12 untuk level easy, 18 untuk
level medium, dan 24 untuk level hard. Gambar ikan tersebut diubah guna untuk
menggantikan objek korek api pada matches yang sesungguhnya. Pada permainan
ini, apel pada setiap level akan bertambah dan bentuknya pun akan berubah. Pada
permainan tersebut, terdapat pula beberapa menu, yaitu :
1) Tingkat: Terdapat tiga tingkatan yang dapat dipilih oleh user dalam memainkan permainan tersebut, yaitu Mudah, Sedang, dan Sulit.
2)
Penaturan: Berisi mengenai pilihan rules yang ingin digunakan untuk memainkan
permainan Manen Apel.
3)
Keluar: Menu ini digunakan untuk mengakhiri dan keluar dari permainan. Formasi
yang digunakan pada setiap level berbeda-beda.
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HPY6meru6RU |
Komentar
Posting Komentar